Pada Juni 2016, Bluetooth Special Interest Group (SIG) telah mengumumkan versi terbaru standar nirkabel dari teknologi bluetooth. Bluetooth 5 hadir dengan sejumlah perbaikan. Menguntungkan dari sisi pengguna, namun juga akan menguntungkan dari sisi pengiklan. Lebih jauh mengenai Bluetooth 5 akan kita bahas pada postingan ini.

Teknologi Bluetooth telah ada selama lebih dari 20 tahun, sejak pertama kali dipromotori oleh perusahaan Ericsson bersama dengan beberapa perusahaan teknologi lainnya: (IBM, Intel, Nokia dan Toshiba) untuk membentuk Bluetooth Special Interest Group (SIG) pada tahun 1999.

Sekarang, Bluetooth telah secara luas digunakan sebagai standar untuk menghubungkan dua perangkat device dengan jarak yang saling berdekatan secara wireless (tanpa kabel). Kita bisa menemukannya pada perangkat komputer, smartphone, tablet, headphone, speaker, mobil, atau gadget lainnya.

imac-605421_1280

Versi major terakhir dari Bluetooth adalah versi 4.0, yang dirilis pada tahun 2011. Sejak saat itu, Bluetooth hanya punya satu iterasi utama (yakni Bluetooth v4.2), yang dirilis pada tahun 2014.

Sekarang, Bluetooth 5 hadir sebagai versi perbaikan sekaligus sebagai penerus dari versi sebelumnya untuk menghubungkan berbagai perangkat yang kita punya.

Apa Itu Bluetooth 5?

Bluetooth versi 5 telah disepakati oleh SIG, yang di dalamnya terdiri dari 30.000 perusahaan berbeda.

Memiliki standarisasi dalam teknologi ini memang sangat penting, agar setiap perangkat yang dibuat oleh perusahaan berbeda, akan dapat saling terhubung satu sama lainnya dengan lebih mudah tanpa harus memikirkan masalah kompatibilitas.

Bluetooth 5 mencakup perbaikan dan peningkatan seperti: kecepatan transfer data, jangkauan yang  lebih luas, lebih hemat konsumsi daya baterai, dan bandwidth.

Bluetooth 5 punya jangkauan 4x lebih luas dari versi sebelumnya

Peningkatan terbesar pada Bluetooth 5 (BT 5) adalah jangkauannya. Siapapun yang telah menggunakan Bluetooth pasti tahu bahwa Bluetooth efektif hanya sampai jarak tertentu antara perangkat.

ipad-916394_1280

Nah, standar baru pada Bluetooth 5 secara teoritis mendukung jarak hingga 300 meter. Akan tetapi itu baru hanya dalam teori saja dan dalam kondisi pengujian. Walau begitu, jarak tersebut masih lebih jauh dari standar sebelumnya yang diklaim hingga 75 meter.

Namun dalam prakteknya secara nyata, misalnya di dalam rumah atau kantor, Bluetooth 4.2 hanya efektif pada jarak sekitar 10-15 meter saja. Itu pun jika tidak ada benda atau tembok yang menghalanginya. Jika kita asumsikan potensi kehilangan yang sama dalam jangkauan tersebut, Bluetooth 5 setidaknya bisa terhubung pada jarak hingga 40-60 meter.

Cukup signifikan peningkatannya.

Kecepatan transfer Bluetooth 5: 2x lebih cepat dari versi sebelumnya

Bluetooth versi 4.x mendukung kecepatan maksimum hanya sampai 1 Mbps saja. Sedangkan di Bluetooth versi 5 ini, kecepatan transfernya 2x lebih cepat, yakni hingga 2 Mbps.

Kecepatan transfer data memang cukup penting, terutama karena sekarang ini adalah eranya perangkat wearable, seperti jam tangan smartwatch misalnya, sudah lumrah digunakan banyak orang.

smart-watch-821563_1280

Smartwatch umumnya terhubung ke smartphone melalui Bluetooth, misalnya ketika Anda ingin mengambil foto dan menyinkronkannya ke smartphone.

Bluetooth 5, Lebih Hemat Daya Baterai

Selama ini Bluetooth memang dikenal menjadi salah satu biang penyebab cepat habisnya daya baterai pada suatu perangkat. Namun perlahan mitos itu akan mulai sirna semenjak diperkenalkannya modul Bluetooth Low Energy (BLE) atau Bluetooth pintar, yang bisa menggunakan sumber daya dengan lebih efisien.

bluetooth-5-smart

Bluetooth 5 mengurangi konsumsi daya sebanyak 2,5x dari apa yang digunakan Bluetooth 4.2 saat ini.

Bluetooth 5 Broadcasting

Bluetooth 5 punya fitur yang disebut “connection-less broadcasting”. Hal ini memungkinkan pengiklan mengirim data ke perangkat Bluetooth Anda, bahkan jika Anda tidak terhubung ke mereka.

bluetooth5-public-mall

Sebagai contoh, katakanlah Anda berada di sebuah mall dan koneksi Bluetooth di smartphone Anda sedang menyala. Sebuah toko Apple di mall dapat mengirim broadcast melalui Bluetooth untuk mengirimkan penawaran terbaru dan informasi penjualan untuk Anda. Dan Anda tidak perlu terhubung ke toko Apple untuk itu.

Cara ini mungkin mirip dengan sms broadcast yang dikirimkan oleh operator ketika kita mengunjungi tempat-tempat tertentu.

Sampai saat ini, praktik ini belum diadopsi secara luas karena bandwidth data yang dapat ditransfer cukup rendah. Saat ini, pengiklan hanya dapat mengirim 31 byte data. Dengan Bluetooth 5, ukurannya ditingkatkan ke 255 byte.

Perubahan besar ini memfasilitasi Bluetooth 5 untuk dapat mentransfer informasi navigasi, yang berarti ketika Anda berada di lokasi tertentu, Anda bisa mendapatkan informasi yang berguna berkaitan dengan lokasi tersebut.

Bluetooth 5 Butuh Hardware Baru

Semua perubahan ini, sayangnya tidak akan tersedia pada ponsel Anda yang sudah ada sekarang ini.

Nantinya perangkat yang sudah mendukung Bluetooth 5 masih akan terhubung dengan perangkat Bluetooth 4.x lama Anda. Tapi sambungan tersebut tidak akan mendapatkan keuntungan dari teknologi yang dimiliki oleh Bluetooth 5 tersebut.

smartphone-handson

Untuk mendapatkan fitur dari Bluetooth 5, Anda perlu kedua perangkat yang benar-benar bisa menjalankannya. Dan karena perubahan ini cukup besar, Bluetooth 5 akan memerlukan perangkat keras baru. Itu artinya, ponsel yang saat ini masih menggunakan chip dari Bluetooth 4 tidak dapat “upgrade” ke Bluetooth 5. Anda akan memerlukan perangkat baru yang dilengkapi dengan Bluetooth 5 built-in.

Kapan kita bisa melihat perangkat dengan teknologi Bluetooth 5?

SIG sejauh ini baru hanya mengumumkan fitur baru dari Bluetooth 5 dengan spesifikasi standarnya. Jadi teknologi ini belum dirilis secara final.

Teknologi ini baru akan dirilis ke produsen pada akhir tahun 2016. Setelah teknologi ini ada di tangan produsen, hanya butuh waktu singkat bagi mereka untuk bisa menanamkannya ke produk gadget mereka.

Paling tidak, di tahun 2017 nanti kita akan bisa melihat perangkat smartphone kelas anyar/flagship yang sudah mendukung Bluetooth versi 5 ini.

Kesimpulan

Bluetooth 5 hadir sebagai penerus dari versi sebelumnya dengan beberapa perbaikan dan peningkatan, yakni:

  • Kecepatan transfer data meningkat.
  • Jarak jangkauan koneksi antar perangkat lebih luas.
  • Lebih hemat daya, terutama untuk perangkat yang mengandalkan konsumsi baterai.
  • Perlu hardware baru untuk menjalankan bluetooth 5. Jadi kemungkinan besar perangkat yang dirilis tahun 2017 yang baru akan mengusung teknologi ini.