Vectr, Aplikasi Desain Grafis Vektor yang Cocok Untuk Pemula

Setelah dua tahun dikembangkan, tim dibalik Vectr akhirnya merilis aplikasi grafis ini ke publik secara gratis.

Sesuai namanya, software Vectr ini berfungsi untuk membuat desain vektor.

Vectr memang bisa dibilang sejenis dengan aplikasi Adobe Ilustrator. Namun Vectr punya tampilan dan fitur yang lebih simple dan sangat mudah digunakan.

Sehingga Vectr sangat cocok digunakan untuk pemula yang ingin belajar membuat desain vektor. Berikut ini video mengenai Vectr:

Cross-platform

Vectr dapat digunakan secara gratis untuk platform Windows, Mac, Chrome OS, dan juga Linux. Bahkan tersedia juga aplikasi versi webnya untuk dapat digunakan secara online (Web App) dengan fitur yang indentik.

Belum tahu apa itu desain vektor?

Sebelum menjelaskan tentang vektor, kita perlu ketahui dulu bahwa ada 2 jenis gambar yang umum sering kita lihat di layar komputer. Mereka adalah RASTER dan VEKTOR.

1. Raster (bitmap)

Pertama kita bahas dulu mengenai Raster. Raster juga biasa disebut sebagai gambar bitmap. Jenis atau format gambar raster/bitmap contohnya:

  • JPEG
  • TIFF
  • GIF
  • PNG
  • BMP

Tentunya Anda akan paham jika melihat format file dari gambar raster di atas. Karena jenis gambar tersebut memang sangat mudah ditemukan, terutama untuk file-file seperti foto, dan berbagai gambar yang sering kita lihat di website.

2. Vektor/Vector

Sedangkan untuk gambar vektor contoh format file-nya adalah:

  • EPS
  • AI
  • SVG
  • DXF

Vektor ini biasanya digunakan untuk membuat grafik 2D, terutama dalam industri percetakan. Seperti: kartu bisnis, kartu ucapan, icon, illustrasi, logo, sampul, brosur, poster, dan masih banyak lagi. Selain itu desain vektor pun juga bisa ditemukan pada konten website.

Lalu apa perbedaan antara desain vektor dan raster?

Yang membedakan antara raster dan vektor yang paling mudahnya adalah ketika kita zoom, maka gambar raster akan terlihat blur atau pecah.

Sedangkan vektor tidak akan pecah atau kehilangan kualitasnya, baik ketika di zoom ataupun diperbesar ukurannya. Ilustrasinya, lihat gambar berikut:

perbedaan-raster-dan-vector

Vectr

Kembali ke topik pembahasan mengenai aplikasi Vectr. Walaupun software ini fiturnya sederhana, tapi sudah cukup baik digunakan untuk membuat desain tertentu.

Gambar icon di bawah ini merupakan hasil dari rancangan aplikasi Vectr dalam format .svg:

roadmap

cross-platform

free-forever

Melihat hasil olahan dari Vectr di atas, tentunya software yang satu ini memang patut untuk dicoba. Vectr sudah cukup mumpuni untuk membuat icon dengan konsep flat design yang masih terus menjadi tren web design hingga saat ini.

[button color="" size="" type="" target="_blank" link="https://vectr.com/"]Download Vectr[/button]

You might also like More from author

Leave A Reply