Adblock Plus Meluncurkan Platform Iklan Mereka Sendiri

Selama ini Adblock Plus dikenal sebagai plugin/extension di web browser untuk memblokir berbagai penayangan iklan di internet. Penggunaan Adblock sendiri sudah sangat populer digunakan oleh jutaan orang.

Namun ironisnya mereka baru saja membuat platform iklan mereka sendiri. Platform tersebut bernama Acceptable Ads Platform (acceptableads.com).

Pada dasarnya, platform ini akan memungkinkan para pengiklan dan pemilik website untuk tetap bisa menayangkan iklan, bahkan pada browser yang terinstall Adblock sekalipun.

Tetapi iklan yang ditampilkan oleh platform tersebut hanyalah iklan yang memang sudah disetujui, serta di lokasi tertentu yang diizinkan oleh pihak Adblock.

Pihak Adblock menyangkal bahwa mereka tidak menjual iklan dengan platform ini, melainkan hanya menawarkan daftar whitelist iklan.

Entah bagaimana pandangan Anda. Tentu saja, mulai saat ini pengguna Adblock akan bisa melihat iklan besutan Adblock itu sendiri secara default, meskipun pihak Adblock berjanji bahwa iklan tersebut dapat dinonaktifkan sepenuhnya oleh pengguna.

Siapa yang Dirugikan?

Selama ini Adblock memang menjadi “musuh” bagi para publisher dan pemilik website yang ingin mendapatkan keuntungan dari website mereka melalui penayangan iklan (termasuk untuk pemain besar seperti Google di Youtube, atau Facebook). Bagaimana pun, untuk bisa mengonlinekan sebuah website memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Kehadiran Adblock memang sangat mempengaruhi keuntungan bisnis pemilik website secara drastis. Iklan yang seharusnya bisa tayang di website mereka, menjadi tidak muncul karena diblokir oleh sistem dari Adblock. Alhasil pengunjung website tidak akan melihat iklan tersebut.

Bagaimana dengan Iklan yang Mengganggu?

Terlepas dari kontroversi yang dilakukan oleh pihak Adblock, di lain sisi kehadiran Adblock memang cukup berguna untuk memblokir iklan. Memang cukup banyak oknum-oknum pemilik website yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata-mata hanya untuk “uang”, tanpa memikirkan kenyamanan dari sisi penggunanya.

Penempatan iklan yang kurang pas akan mengganggu pengguna. Iklan seperti pop up yang menjebak akan sangat menyebalkan. Terutama juga bagi mereka yang koneksi internetnya lambat.

Namun sebagai pengguna/visitor, alangkah baiknya untuk bisa memaklumi juga konten yang disajikan oleh website yang Anda akses (selama iklan tersebut masih wajar dan tidak mengganggu). Anda bisa menikmati konten yang disajikan oleh website secara gratis, sementara pemilik website mengambil sedikit keuntungan untuk bisa terus mengoperasikan website mereka. Intinya, bisa saling menguntungkan. 🙂

Jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini.

Leave a reply

Register New Account
Reset Password