Mobile Game Lebih Menang Popularitas Ketimbang PC Game, Setuju?

Seiring menjamurnya perangkat smartphone yang terus mengalami peningkatan dari segi hardware, industri mobile game pun juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Saat ini mobile game semakin bisa menyaingi game PC. Terutama dalam hal gameplay-nya yang juga semakin bervariasi.

Bisa dibilang, saat ini memang sedang jaman-jamannya main game di smartphone. Alasan utamanya adalah karena kemudahannya, praktis dan lebih simple!

Main game di smartphone lebih leluasa. Sambil tiduran bisa, dibawa jalan juga bisa atau kapan dan dimana saja. 😀

Pokoknya hal yang tidak bisa kita rasakan saat memainkan game PC, bisa kita rasakan sensasinya ketika memainkan game mobile 😀

Main di PC ribet, move on aja ke smartphone

Game PC modern keluaran terbaru rata-rata memang menawarkan grafis yang aduhai.

Namun untuk merakit PC dengan spek gaming membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kita harus membeli processor, ram, dan vga kelas high end.

Dan salah satu hal yang menghambat untuk main game di PC adalah repotnya menyalakan komputer, mulai dari proses booting, hingga startup yang lebih memakan waktu.

Alternatifnya? main aja di smartphone!

Mungkin ada yang menyangkal kenapa harus di smartphone, kan game PC lebih keren grafisnya?

Pendapat itu memang benar adanya, saya juga setuju. Namun untuk kamu yang hanya mencari “fun” atau hiburan secara fleksibel, mobile game bisa menjadi pilihan tepat.

Di tahun 2017 ini saja, banyak sekali game-game seru yang mulai bermunculan loh. Bahkan para developer game cukup serius mengembangkan dan menginvestasikan karyanya tersebut untuk perangkat mobile. Mana buktinya? Lanjut kita bahas di bawah.

Keseruannya yang kita cari

Walau mobile game grafisnya memang belum benar-benar bisa menyaingi PC game, namun yang kita incar dari mobile game adalah sisi kesenangannya, fun to play.

Kita akui, mobile game saat ini masih kalah dengan PC game dalam hal grafis, namun mobile game bisa menang telak jika bicara mengenai fleksibilitas tanpa menghilangkan rasa “keseruan”.

Nggak percaya? Kita lihat game-game yang ada di smartphone, Android contohnya.

Sistem operasi sejuta umat ini punya banyak genre game yang bisa kita install dari Playstore. Banyak game yang awalnya dikembangkan hanya untuk platform PC, kini mulai dihadirkan juga di perangkat mobile.

Jutaan orang main game di smartphone

Jangan remehkan mobile game, karena saat ini industri mobile game sedang mengalami perkembangan yang cukup baik. Mobile game yang saat ini sedang trending memang kebanyakan adalah game-game online. Contohnya:

Clash Royale

Mayoritas pengguna Android pasti kenal dengan game yang satu ini. Clash Royale dikembangkan oleh developer Supercell sebagai suksesor dari game sebelumnya, yakni Clash of Clans yang juga sempat booming beberapa tahun belakangan.

Yang bikin seru dari Clash Royale adalah kita bisa battle untuk adu strategi 1 lawan 1 dengan orang lain dari berbagai negara. Grafis dari game ini juga cukup bagus dan enak dipandang. Karakter game-nya juga unik dan lucu-lucu, mirip dengan Clash of Clans.

Yang mencengangkan, Clash Royale sudah di download lebih dari 100 juta kali. Bisa dibayangkan betapa banyaknya pemain game ini di seluruh dunia. Bahkan, Clash Royale juga ada eSports-nya untuk adu kompetisi atau pertandingan yang dilombakan secara resmi layaknya altet olahraga dunia. 😀

Itu salah satu bukti pertama, bahwa tren mobile game prospek dan pangsa pasarnya sangat besar dan cukup menggiurkan!

Mobile Legends

Ini nih game yang saat ini sedang booming dan fenomenal.

Mobile Legends adalah game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang mirip dengan game DotA 2 atau LoL yang ada di PC.

Genre game MOBA sangat terkenal dikalangan gamer karena sangat seru dimainkan secara tim. 5 pemain vs 5 pemain adu strategi untuk mempertahankan tower tim, dan yang berhasil menghancurkan tower lawan adalah pemenangnya.

Yang fenomenalnya adalah, Mobile Legends saat ini lebih menang bersaing merebut pangsa pasar Vainglory, yang telah lebih dulu hadir di Playstore dengan grafis yang lebih bagus dan bahkan sudah ada kompetisi eSport-nya.

Namun, sepertinya pihak developer dari Mobile Legends lebih pintar mengambil peluang pasar. Game-nya dikemas untuk lebih disesuaikan kontrolnya untuk perangkat mobile. Mobile Legends lebih baik dalam hal kontrol karena lebih mudah untuk dimainkan.

Yang menjadi nilai plus dari Mobile Legends adalah file sizenya yang tidak terlalu besar dan lebih ringan dimainkan jika dibandingkan dengan Vainglory. Hal inilah yang membuat popularitas Mobile Legends kian menanjak, karena mudah dijangkau pengguna tanpa harus menggunakan smartphone dengan spesifikasi tinggi.

Gangstar New Orleans Open World

Game ini adalah pendatang baru, yang saat ditulisnya artikel ini statusnya masih dalam tahap uji coba, namun menariknya Gangstar New Orleans menawarkan gameplay dengan genre open world seperti GTA Multiplayer yang ada di PC.

Karena sistemnya online, para pemain bisa main dan rusuh bareng di dalam game. Bisa dibayangkan gimana keseruannya. 😀

Gangstar New Orleans atau GNO dikembangkan oleh developer ternama, Gameloft. Sebelumnya Gameloft juga punya beberapa game gangstar series, salah satunya adalah Gangstar Vegas yang grafisnya cukup bagus untuk sekelas mobile game.

Di awal perilisannya, GNO menuai banyak kontroversi, karena beberapa kali tertunda dan masih ditemukan bug di sana-sini, bahkan beberapa versi Android tidak support untuk menginstallnya.

Namun masih bisa dimaklumi karena masih sangat baru, pihak developer mengatakan bahwa mereka juga sedang memperbaiki masalah tersebut.

Karena genre game seperti ini masih sangat jarang di perangkat mobile, tentunya Gangstar New Orleans masih sangat potensial, dan diharapkan akan terus ada perbaikan.

Ini alasan kenapa mobile game bisa lebih menang popularitas ketimbang PC game.

Antara mobile game dan PC game masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Namun, mobile game sangat potensial di masa depan. Berikut alasan kenapa mobile game lebih menang popularitas:

1. Makin Canggih

Teknologi smartphone terus berkembang, fungsionalitas untuk komputasinya sudah mulai bisa menyaingi PC.

2. The Power of User

Karena basisnya di smarphone, mobile game bisa menjangkau berbagai kalangan. Jumlah smartphone lebih banyak berkali-kali lipat dari pada komputer PC desktop.

3. Kapan Saja Dimana Saja

Mobile game lebih fleksibel, pengguna bisa main kapan dan dimana saja. Sambil tiduran, di dalam mobil, duduk di WC, dsb 😀

4. Selesai Install, Langsung Main

Proses download dan install sangat mudah. Pengguna smartphone, seperti Android misalnya, cukup mengaksesnya melalui Playstore. Tanpa harus setup ini itu hanya untuk instalasi. Selesai install, bisa langsung main.

5. Akun Instan

Untuk game online, pengguna tidak perlu repot daftar akun baru hanya untuk bermain. Karena rata-rata game smartphone sudah mendukung sinkronisasi dengan akun Google, atau media sosial untuk menyimpan profil pemain.

6. Beli Item Pakai Pulsa

Mobile game di smartphone mendukung in-app purchase. Pemain bisa langsung membeli item di dalam game dengan pulsa. Hal inilah yang membuat minat developer game untuk serius dan fokus mengembangkan game untuk perangat mobile.

7. FUN

Cocok untuk yang mencari hiburan tanpa ribet.

Setuju? 

Jangan sungkan untuk berdiskusi melalui komentar di bawah. 🙂

Komunitas Internet Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.