Perbedaan Tinggi Badan Pria & Wanita di Berbagai Negara – Indonesia Ranking Berapa?

Dalam hal pertumbuhan fisik, biasanya pria memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dari pada wanita. Tinggi badan seseorang biasanya juga sangat erat dikaitkan dengan ‘faktor’ keturunan sejak lahir. Padahal belum tentu demikian.

Selain itu, Jika seorang anak sedari kecil selalu diberi asupan makanan yang bergizi, seperti protein, kalsium, dan vitamin, yang memang biasa terdapat pada sumber makanan seperti daging, telur, susu atau sayur-sayuran tentu juga sangat berpengaruh sebagai faktor pendorong tinggi badan.

Nah, berkaitan dengan tinggi badan, kami ingin berbagi informasi menarik kepada para pembaca Indouser mengenai ranking tinggi badan pria dan wanita di beberapa negara di dunia. Dan Indonesia juga termasuk didalamnya. Penasaran berapa tinggi badan rata-rata orang Indonesia?

Berikut ranking rata-rata tinggi badan pria dan wanita di berbagai negara

tinggi-badan-rata-rata-pria-wanita-berbagai-negara

Data bersumber dari website disabled-world.com. Lembaga independen berkelas internasional yang menyediakan informasi seputar kesehatan dan disabilitas.

Terlihat dalam list di atas, ternyata orang Indonesia itu posturnya rata-rata masih tergolong pendek-pendek ya jika dibandingkan dengan negara lain, bahkan untuk kawasan asia tenggara sekalipun.

Rata-rata tinggi badan pria di Indonesia hanya 158 cm dan untuk wanitanya adalah 147 cm, berbeda tipis dengan Guatemala, yang memiliki postur rata-rata paling pendek di dunia. Walau Bali masuk dalam hitungan, dengan tinggi rata-rata pria 168 cm dan wanita 151.3 cm, sayangnya hal itu sepertinya masih belum masuk kategori ideal. Melihat tabel perbandingan di atas, terlihat bahwa tinggi badan wanita di luar negeri sana bahkan tidak terlalu jauh berbeda dengan tinggi badan pria Indonesia.

Berbeda dengan auxology, yakni ilmu yang mempelajari tentang pertumbuhan manusia. Masyarakat kebanyakan beranggapan bahwa tinggi badan bisa menjadi tolak ukur kesehatan dan kesejahteraan suatu individu.

Tinggi badan orang-orang di negara maju

Jika diperhatikan, orang-orang yang tinggal di negara maju, baik itu di Asia, Eropa, dan Amerika, rata-rata memiliki tinggi badan di atas 170 cm. Dan jika saja faktor keturunan dapat dikesampingkan, maka asupan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari bisa saja menjadi faktor utama penentu tinggi badan.

Tidak ada maksud untuk membeda-bedakan setiap individu

Pembahasan mengenai perbedaan tinggi badan tersebut bukanlah bermaksud untuk membeda-bedakan setiap individu dari ras atau golongan tertentu, namun tujuannya lebih kepada studi untuk menambah pengetahuan kita saja.

Lagi pula, orang dengan postur pendek, indentik dengan kelincahan. Lihat saja Lionel Messi, dengan tinggi badan 169 cm, yang mungkin tidak terlalu tinggi untuk bersaing dengan orang-orang Eropa, namun dia hebat dan lincah sekaligus menjadi salah satu pemain terbaik & termahal dalam dunia sepak bola. Bahkan Dani Pedrosa, pria asal Spanyol dengan tinggi badan hanya 160 cm, dia cukup lihai mengendalikan motor sport dalam balapan MotoGP dan menjadi salah satu juara dunia paling dikagumi.

dani-pedrosa-motogp
Memiliki tinggi dan berat badan yang ideal memang menjadi impian bagi kebanyakan orang. Namun jangan berkecil hati untuk Anda yang saat ini “tidak jangkung”. Anda masih tetap bisa menambah tinggi badan dengan lebih cepat, selama masih dalam usia produktif.
Jika ada pertanyaan atau ingin berdiskusi, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar kamu di bawah ini.

Leave a reply

Register New Account
Reset Password