Sepeda vs Alat Transportasi Masa Depan

Di Indonesia, motor masih menjadi primadona alat transportasi masyarakat. Penggunaannya pun beragam, ada yang menggunakannya untuk bepergian jauh, jalan-jalan, atau bahkan hanya untuk sekedar beli Indomie ke warung. 😛

Jika dibandingkan dengan negara Eropa atau negara-negara maju lainnya, motor sangat jarang digunakan oleh masyarakatnya. Beneran? engga usah jauh-jauh deh terbang ke Eropa, cukup buka aja Youtube, dan tonton video jalanan di kota-kota besar di Eropa, kita bisa lihat kebanyakan dari mereka menggunakan mobil, transportasi umum, atau jalan kaki untuk bepergian.

Kenapa sih di negara maju pengguna motornya sangat sedikit, atau bahkan jarang? Alasannya beragam, yang menjadi faktor beberapa diantaranya sih “katanya” begini:

  • Harga mobil yang murah karena diproduksi dalam negeri, jadi tidak terbeban dengan pajak. Bahkan bisa nyicil dengan dp 0 sudah bisa dibawa pulang. Walaupun harga motor sekelas moge di sana juga bisa jadi lebih murah setengah harga dari di Indonesia, mendingan mereka lebih pilih beli mobil sekalian.
  • Iklim yang ekstrem. Suhu di sana kalau lagi panas bisa mencapai diatas 50 derajat celcius. Dan jangan lupa juga di dunia barat punya iklim salju. Bayangkan naik motor untuk bepergian jauh, bisa-bisa kedinginan dan beku di tengah jalan.
  • Penggunaan motor di negara maju juga lebih ketat aturannya. Pemotor tidak diperbolehkan membawa lebih dari satu penumpang. Hal ini karena motor memang didesain hanya untuk 1 pengendara, dan 1 penumpang.
  • Jalanannya panjang ==========. Kalau di Indonesia, lebih banyak lautnya, berbeda dengan wilayah geografis di Eropa atau Amerika yang lebih luas daratannya. Bepergian jauh ke luar kota lebih efektif naik mobil. Karena kalau naik motor, khawatir kehabisan bensin di tengah jalan kan repot. Tau sendiri tanki motor lebih kecil ukurannya daripada mobil.

Mungkin itu yang menjadi alasan kenapa pengguna motor di negara maju lebih sedikit daripada pengguna mobil.

Alternatifnya, mereka juga lebih sering menggunakan transportasi umum yang murah dengan fasilitas yang aman dan nyaman. Selebihnya, ya jalan kaki, atau naik sepeda untuk jarak yang dekat.

Sepeda

Nah yang terakhir ini yang mau saya bahas.

Bicara soal sepeda, yang ada dibenak orang Indonesia mungkin berpikiran bahwa sepeda itu hanya untuk olahraga.

Ada benarnya juga sih, tapi disamping itu, sepeda juga bisa menjadi salah satu alat transportasi yang seru untuk rekreasi.

Ya, selain untuk berolahraga, sepeda juga bisa menjadi alat transporasi “jalan-jalan murah yang menyehatkan”.

Sejak kecil saya hobi bersepeda. Gowes di hari sabtu dan minggu pagi misalnya, cukup asik untuk sekedar refreshing dan cuci mata. Apalagi gowesnya rame-rame bareng teman-teman, akan semakin menambah keseruan. 😀

Sampai saat ini, sepeda memang tidak/belum “termakan” zaman.

Alat transportasi masa depan

Memang sudah banyak ditemukan inovasi transportasi masa depan yang lebih canggih, seperti misalnya hoverboard, smart balance wheel, drone, dan yang lainnya.

Karakteristik dari alat transportasi masa depan adalah penggunaan energi atau sumber daya yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Selain itu juga dari segi desain semakin fleksibel, ringan, dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Namun masih ada satu kekurangannya. Yaitu masih bergantung pada bahan bakar, sebagai sumber energi penggerak.

Sepeda VS Alat transportasi masa depan

Sekalipun ada transportasi yang lebih canggih, cepat, dan praktis. Peran sepeda sampai saat ini masih belum dapat tergantikan.

Selain bisa melaju tanpa bahan bakar, sepeda juga cukup bisa diandalkan untuk melaju di berbagai medan jalan. Yang penting, kondisi fisik dari si “pilot” saja yang harus prima. Cukup sebungkus nasi padang, dan air mineral mungkin bisa membantu. 😀

Siapa sih yang tidak butuh olahraga? Semua orang pasti mau, demi menjaga kesehatan. Kecuali orang tersebut sengaja ingin sakit. 😛

Sepeda itu kuno dan ketinggalan zaman?

Jika ada orang yang beranggapan seperti itu, bisa dipastikan dia adalah alien. 😀

Meskipun sepeda adalah alat transportasi yang tergolong “tua”, nyatanya bisa juga dipadukan dengan teknologi terkini.

Jangan salah, sekarang ini sudah memasuki eranya “transportasi elektrik”. Pernah dengar e-bike? Itulah teknologi sepeda listrik.

Electric bike

Sekarang ini sebuah sepeda sudah dapat disematkan perangkat elektronik dengan baterai sebagai suplai energi penggerak. Bisa berjalan lumayan kencang, dan pengisian daya baterainya pun juga cepat.

Ketika baterai habis, fungsi gowes dengan pedal tetap dapat digunakan. Keren kan?

Coba perhatikan gambar sepeda di bawah ini:

Sekilas terlihat seperti sepeda mountain bike pada umumnya. Namun ternyata, siapa sangka di dalam frame-nya sudah disematkan baterai beserta perangkat elektronik lainnya.

Mau tau berapa harga sepeda merek Specialized di atas? Yang pasti 2x lipat lebih mahal dari harga motor ninja 250 cc milik saudaranya tetanggamu 😛

Specialized S-Works Turbo Levo FSR Carbon 6Fattie/29 dibanderol dengan harga $9,500 atau sekitar Rp. 120 jutaan.

Sepeda Fatbike

Yang naik motor bebek atau matic bakalan minder kalau bersebelahan dengan sepeda ini di lampu merah. Percaya deh 😀

Gimana engga minder, ukuran bannya segede gaban :D, bahkan lebih besar dari ban motor bebek pada umumnya. Bahkan diameter bannya juga lebih besar dari motor sport kelas 150 cc.

Nih videonya kalau penasaran:

Di Indonesia, eksistensi dari pengguna sepeda fat bike itu sendiri memang masih tergolong langka. Kamu bisa menjadi pusat perhatian orang-orang di jalanan loh kalau muterin satu kecamatan pakai sepeda ini. 😛

Gimana? Mantap kan? 😀

Terakhir. Last but not least

Alat transportasi di era saat ini memang cukup beragam. Seiring dengan perkembangan teknologi, akan selalu muncul inovasi baru untuk menciptakan alat transportasi yang ramah bagi lingkungan.

Bicara soal inovasi, di era saat ini alat transportasi sudah banyak yang menggunakan listrik sebagai sumber energi penggerak.

Disamping itu, sepeda sebagai alat transportasi yang tergolong “tua” masih belum dapat tergantikan perannya hingga saat ini sebagai alat transportasi untuk berolahraga sekaligus rekreasi yang ramah bagi lingkungan.

Meskipun begitu, sepeda juga dapat dipadukan dengan teknologi terkini sebagai alat transportasi yang modern.

Yuk ah kita gowes!

2 Comments
  1. Mau kenalan sama kamu boleh?

Leave a reply

Register New Account
Reset Password